Penting! Jangan Biarkan Anak Bermain Pasir, Ini Risikonya!


Anak-anak memiliki keinginan tinggi mencoba hal-hal baru di sekitarnya. Salah satunya bermain pasir. Meski bermain pasir ditengarai mampu menstimulasi indera sensori anak, namun sebuah studi terkini di Spanyol menemukan risiko yang mengintai dibalik kegiatan ini.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Zoonoses and Public Health ini menemukan bahwa pasir mengandung bakteri berbahaya bernama Clostridium Difficile atau C.diff. Bakteri ini, menurut peneliti utama Dr. José Blanco, diyakini dapat menyebabkan infeksi pada usus sehingga membuat penderita mengalami diare berat.

Biasanya infeksi kuman C. diff ditemukan di rumah sakit. Namun peneliti Spanyol menemukan bakteri ini juga terdapat pada pasir dimana merupakan media bermain anak-anak.

Kemungkinan besar bakteri ini berasal dari kotoran manusia atau hewan yang mengendap di pasir. Infeksi ini dianggap sebagai ancaman baru bagi anak-anak yang tergolong kelompok berisiko.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti menguji pasir dari 40 kotak pasir yang berasal dari taman di Madrid. 21 dari 40 kotak yang diteliti terbukti mengandung bakteri C. diff.

Racun dari bakteri C. diff dapat merusak lapisan usus, menyebabkan diare, dan cenderung resisten terhadap dua antibiotik, sehingga membuat infeksi lebih sulit diobati. Sebagai orangtua sebaiknya Anda lebih waspada jika anak bermain pasir. (Livescience)
Sumber : Suara

No comments