Ngeri! Sedang Viral Tren Online Orang-orang Menyulam Kulitnya. Kulitnya Jadi Seperti Ini......



Contoh foto dari orang yang melakukan sulam kulit. (Foto: BBC_
Jakarta, Di China para orang tua kini sedang diimbau agar lebih waspada mengawasi anak. Alasannya karena dalam beberapa minggu terakhir muncul sebuah tren mengkhawatirkan di mana orang-orang dengan sengaja menyulam kulitnya sendiri lalu mengunggah gambar tersebut ke media sosial.

Menurut laporan tren tersebut tampaknya muncul terinspirasi oleh kartun animasi jepang dan mengikuti tren berbahaya lainnya seperti 'blue whale' atau permainan 'bunuh diri'.

Kantor berita resmi People's Daily mengatakan bahwa tren sulam kulit tersebut menyebar secara rahasia di antara para pengguna media sosial muda. Banyak di antara gambar sulam kulit menunjukkan orang-orang menggunakan benang berwarna untuk menyulam kulit tangan, kaki, dan bahkan bibirnya.

Di berbagai belahan dunia kebiasaan menyulam kulit memang pernah dilaporkan namun biasanya sebagai bentuk protes oleh pengunjuk rasa. Baru pertama kali ini sulam kulit muncul sebagai tren fashion dan dikhawatirkan akan menjadi alasan untuk orang-orang terlibat dalam aktivitas memutilasi diri sendiri.

Masyarakat terutama anak muda disarankan agar jangan mengikuti tren sulam kulit karena luka yang ditinggalkan berisiko untuk jadi sarang masuk infeksi bakteri atau virus. Pada kasus paling buruk infeksi parah (sepsis) dapat terjadi dan membahayakan nyawa.

Praktik sulam kulit mengundang banyak perhatian.Praktik sulam kulit mengundang banyak perhatian. Foto: BBC
Praktik sulam kulit mengundang banyak perhatian. Foto: BBC

Di media sosial gambar sulam kulit yang tersebar mengundang banyak reaksi. Sebagian besar pengguna media sosial berkomentar mengekspresikan rasa takut, jijik, dan kengerian.

"Bagaimana hal seperti ini dianggap sebagai sesuatu yang fashionable?" komentar salah satu pengguna media sosial Sina Weibo, idodyu, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (24/6/2017).

Sumber: Detikhealth

No comments