Motor Baru Honda PCX 2018, Produksi Lokal
Mulai akhir tahun ini, Honda memasarkan PCX 150 rakitan
lokal. Dengan diproduksi di dalam negeri, banyak keuntungan bisa didapat
konsumen. Salah satunya, harga lebih terjangkau dibanding PCX sebelumnya yang
masih impor. Meski banderol resminya baru diumumkan Februari 2018, namun Honda
sudah menyebut kisaran harga, mulai dari Rp 27 - 32 jutaan.
Tampil lebih mewah dari sebelumnya, PCX memakai desain lampu
depan dan belakang anyar yang sudah full LED. Bodinya juga lebih gemuk dengan
empat pilihan warna eksklusif: putih, merah, hitam dan emas. Kesan modern
mencuat lewat penggunaan panel instrumen digital, berlatar biru dan angka
informasi berkelir putih.
Honda memberi berbagai fitur baru untuk skuter ini. Salah
satu yang menarik, smart key system. Fitur yang ada di dashboard kanan PCX,
terintegrasi dengan tiga teknologi: keyless (penggunaan remote sebagai
pengganti anak kunci), answer back system dan alarm. Penamaan smart key system
juga tanpa alasan, Anda bisa membuka bagasi dan tangki bensin langsung dari
sana.
Penyegaran lain untuk PCX, pabrikan berlambang sayap memberi
ban tubeless lebih lebar untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Roda
belakang yang sebelumnya masih pakai rem tromol, kini sudah diganti cakram.
Fitur idling stop system (ISS) sebagai penghemat bahan bakar tetap
dipertahankan. Cara kerja ISS, menonaktifkan mesin secara otomatis saat skuter
berhenti lebih dari tiga detik.
Sektor mesin mengandalkan adaptasi milik Honda Vario 150.
Jantung mekanisnya berkapasitas 149,3 cc SOHC berpendingin cairan. PCX
dipasarkan dalam dua varian: CBS (combi brake system) dan ABS (anti-lock
braking system). Bagaimana tertarik? Sekarang motor ini sudah bisa dipesan,
namun proses produksinya baru dilakukan tahun depan. Sabar ya!
Fitur
Skuter produksi lokal ini, mendapat banyak fitur. Panel
instrumen digital untuk memberi informasi yang lebih jelas ke pengendara. ISS
agar konsumsi bahan bakar semakin irit. CBS dengan cakram belakang,
mengoptimalkan pengereman. Sistem pencahayaan LED dirancang sebagai peningkat
visibilitas saat berkendara. Lampu hazard selaku tanda bahaya di perjalanan.
Belum selesai, PCX juga punya smart key system. Di dalamnya
terintegrasi berbagai teknologi, sebut saja keyless ignition yang mampu
mengaktifkan mesin tanpa perlu anak kunci. Ada pula answer back system,
memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Teknologi terakhir yang masuk
ke smart key system, alarm untuk mencegah tangan jahil mengambil motor Anda.
Desain
PCX memang dirancang sebagai skuter elegan. Bodi bongsornya
tidak dibalut grafis sama sekali, sengaja cuma dicat dengan berbagai pilihan
warna eksklusif: putih, merah, hitam dan emas. Tampilan elegannya juga didukung
desain lampu depan serta belakang yang kece. Penggunaan ban lebar 100/80-14
depan dan 120/70-14 belakang, menampilkan proporsi pas dengan tubuhnya.
Mesin & Konsumsi BBM
Spesifikasi performa rival Yamaha Nmax ini, belum diumumkan
secara gamblang. Honda cuma menjelaskan, mesin yang dipakai hasil adaptasi dari
Honda Vario 150. Kapasitas mesin 149,3 cc SOHC silinder tunggal dengan
pendingin cairan. Jantung mekanis PCX juga sudah mengadopsi teknologi enhanced
smart power (eSP) yang meningkatkan efisiensi pembakaran dan mereduksi energi
terbuang.
Sumber: https://www.oto.com/motor-baru/honda/pcx-2018
Post a Comment