Motor Baru Honda PCX 2018, Produksi Lokal

Mulai akhir tahun ini, Honda memasarkan PCX 150 rakitan lokal. Dengan diproduksi di dalam negeri, banyak keuntungan bisa didapat konsumen. Salah satunya, harga lebih terjangkau dibanding PCX sebelumnya yang masih impor. Meski banderol resminya baru diumumkan Februari 2018, namun Honda sudah menyebut kisaran harga, mulai dari Rp 27 - 32 jutaan.

 

Tampil lebih mewah dari sebelumnya, PCX memakai desain lampu depan dan belakang anyar yang sudah full LED. Bodinya juga lebih gemuk dengan empat pilihan warna eksklusif: putih, merah, hitam dan emas. Kesan modern mencuat lewat penggunaan panel instrumen digital, berlatar biru dan angka informasi berkelir putih.



Honda memberi berbagai fitur baru untuk skuter ini. Salah satu yang menarik, smart key system. Fitur yang ada di dashboard kanan PCX, terintegrasi dengan tiga teknologi: keyless (penggunaan remote sebagai pengganti anak kunci), answer back system dan alarm. Penamaan smart key system juga tanpa alasan, Anda bisa membuka bagasi dan tangki bensin langsung dari sana.

 

Penyegaran lain untuk PCX, pabrikan berlambang sayap memberi ban tubeless lebih lebar untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Roda belakang yang sebelumnya masih pakai rem tromol, kini sudah diganti cakram. Fitur idling stop system (ISS) sebagai penghemat bahan bakar tetap dipertahankan. Cara kerja ISS, menonaktifkan mesin secara otomatis saat skuter berhenti lebih dari tiga detik.


Sektor mesin mengandalkan adaptasi milik Honda Vario 150. Jantung mekanisnya berkapasitas 149,3 cc SOHC berpendingin cairan. PCX dipasarkan dalam dua varian: CBS (combi brake system) dan ABS (anti-lock braking system). Bagaimana tertarik? Sekarang motor ini sudah bisa dipesan, namun proses produksinya baru dilakukan tahun depan. Sabar ya!



Fitur

Skuter produksi lokal ini, mendapat banyak fitur. Panel instrumen digital untuk memberi informasi yang lebih jelas ke pengendara. ISS agar konsumsi bahan bakar semakin irit. CBS dengan cakram belakang, mengoptimalkan pengereman. Sistem pencahayaan LED dirancang sebagai peningkat visibilitas saat berkendara. Lampu hazard selaku tanda bahaya di perjalanan.

Belum selesai, PCX juga punya smart key system. Di dalamnya terintegrasi berbagai teknologi, sebut saja keyless ignition yang mampu mengaktifkan mesin tanpa perlu anak kunci. Ada pula answer back system, memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Teknologi terakhir yang masuk ke smart key system, alarm untuk mencegah tangan jahil mengambil motor Anda.

Desain

PCX memang dirancang sebagai skuter elegan. Bodi bongsornya tidak dibalut grafis sama sekali, sengaja cuma dicat dengan berbagai pilihan warna eksklusif: putih, merah, hitam dan emas. Tampilan elegannya juga didukung desain lampu depan serta belakang yang kece. Penggunaan ban lebar 100/80-14 depan dan 120/70-14 belakang, menampilkan proporsi pas dengan tubuhnya.

 Mesin & Konsumsi BBM


Spesifikasi performa rival Yamaha Nmax ini, belum diumumkan secara gamblang. Honda cuma menjelaskan, mesin yang dipakai hasil adaptasi dari Honda Vario 150. Kapasitas mesin 149,3 cc SOHC silinder tunggal dengan pendingin cairan. Jantung mekanis PCX juga sudah mengadopsi teknologi enhanced smart power (eSP) yang meningkatkan efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang.

Sumber: https://www.oto.com/motor-baru/honda/pcx-2018

No comments